Wisata Sejarah di Kraków, Polandia

Liputan oleh: Pratiwi Widya Wahyuni, Mahasiswi University of Łódż

Kraków, kota yang pernah menjadi ibukota Polandia ini bukan hanya merupakan kota yang cantik. Kota yang berada di Polandia bagian selatan ini menjadi saksi bisu sejarah Perang Dunia II. Banyak sekali bangunan-bangunan bersejarah baik di dalam kota maupun di sekitar kota Kraków yang perlu dikunjungi. Dua situs di Kraków yang dibahas pada rubik ini yaitu Auschwitz dan Kastil Wawel. Kedua situs tersebut merupakan situs yang termasuk dalam UNESCO’s World Heritage List.

Auschwitz merupakan kamp konsentrasi Nazi Jerman. Tempat ini menjadi sejarah dunia atas pembunuhan massal secara sengaja kaum Yahudi oleh Nazi Jerman. Auschwitz menjadi wilayah pusat kamp kosentrasi Nazi Jerman, sehingga tempat ini adalah kamp kosentrasi terbesar di Eropa. Saat masuk wilayah kamp ini bagian dalam barak hampir semua tidak boleh diabadikan dalam kamera. Yuita Arum Sari, mahasiswa yang pernah ikut program Erasmus Mundus di Warsaw University of Technology ini mengatakan bahwa Auschwitz wajib untuk dikunjungi.

“Auschwitz merupakan wisata sejarah yang sangat menarik. Saya mengusulkan untuk memakai jasa tour guide karena mereka akan membawa kita ke tempat-tempat sesuai urutan dan alur ceritanya sehingga kita bisa memahami sejarahnya,” tegas Sari.

Auschwitz

Waktu tempuh untuk menuju Auschwitz adalah sekitar 1,5 jam dari pusat kota Krakow.  Harga bus return Auschwitz-Krakow adalah 24 PLN. Terdapat 2 jenis daerah Auschwitz, dan yang terbesar adalah Auschwitz 2. Harga tiket masuk ke Auschwitz 1 dan Auschwitz 2 plus tour guide adalah 35 PLN. Sari mengatakan bahwa banyak sekali wisatawan yang tertarik dengan situs ini dan tour guide selalu penuh sehingga disarankan untuk memesan jasa tour guide terlebih dahulu melalui website http://auschwitz.org/.

Situs bersejarah lainnya yaitu Wawel Castle. Kastil ini merupakan tempat tinggal gubernur Jerman, Hans Frank yang kemudian dieksekusi sebagai kriminal Nazi pada Perang Dunia II. Sheila Nurfajrina, mahasiswa yang sedang belajar bahasa Polandia di International Centre of Education Politechnika Krakówska ini mengatakan bahwa Wawel Castle wajib dikunjungi karena sarat akan sejarah.

“Wawel Castle memiliki sejarah yang kental karena tempat ini merupakan tempat pengungsian dan perlindungan kaum Yahudi saat Nazi berniat untuk memburu mereka. Selain itu, pemandangan dan bangunan di sekitar kastil ini sangat cantik,” jelas Sheila.

wawel castle

Wawel Castle ini berada di dalam kota Kraków. Cara untuk menuju kastil ini adalah dengan menggunakan bus dari kota ke Stare Miasto. Lokasi kastil ini agak tinggi sehingga jalan untuk menuju kastil menanjak. Tiket masuk ke Wawel Castle ini berbeda-beda berdasarkan area ingin dimasuki. Area di dalam kastil ini sangat banyak, dapat dicek di website http://www.wawel.krakow.pl/en/. Dari kastil ini dapat terlihat Sungai Vistula. Sungai ini merupakan sungai terusan yang menyambung dari Warsawa dan merupakan sungai terpanjang di Polandia.

Masih banyak sekali wisata di area kota Kraków, antara lain Kraków Old Town, Kazimierz, dan tambang garam Wieliczka. Pepatah orang, belum ke Polandia kalau tidak ke Kraków. Cara menuju kota ini adalah terbang ke Warsawa lalu naik Polskibus yang bisa dipesan via online di http://www.polskibus.com/. Harga tiket bus return Warsawa-Krakow adalah 30 PLN.

 

sumber: Buletin PPI Dunia Edisi 4


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *