the oficial website of ppi polandia

Zakopane, tempat terbaik untuk bersantai dan bermain Ski di Polandia

Zakopane, tempat terbaik untuk bersantai dan bermain Ski di Polandia

Tulisan dari: Pratiwi Widya Wahyuni, Mahasiswi University of Łódż.

Perkenalkan kami mahasiswa dan mahasiswi yg kuliah di Polandia. Beberapa waktu lalu kami mengunjungi tempat ski di Zakopane.

Zakopane berada di kaki Tatra Mountain. Akhir Desember, Januari, dan awal Februari adalah waktu yang buruk untuk mendaki dengan peralatan minim. Karena suhu dingin sekali sehingga es nya membeku. Jadi pada bulan2 tersebut disarankan untuk memiliki alat pendakian yg lengkap. Selain untuk mendaki, di sini kita juga bisa bermain ski atau sekedar melihat pemandangan yang indah.

Untuk mencapai Zakopane bisa ditempuh dengan cara naik bus bayar on the spot (sekitar 25 PLN – 2ways) selama 2 jam atau kereta dari Kraków. Atau bisa juga melalui Warsaw lalu transit di kota Kraków dulu dengan naik Polskibus http://www.polskibus.com/en/index.htm(30 PLN – 2ways) 5 jam atau kereta PKP Intercityhttp://www.intercity.pl/en/ (85 PLN – 2ways) 3 jam.

Terdapat beberapa tempat ski dengan beberapa level kesulitan: Krokiev, Harenda, Polana Szymoszkowa, Kasprowy Wierch, dan Gubałówka. Untuk menuju salah satu tempat ski terdekat cukup dengan berjalan kaki saja, namanya Gubałówka. Untuk cek kelayakan ski Gubałówka dan sebagainya bisa dilihat di website: http://www.gubalowka.com.pl/

Setelah sampai di lokasi, kita bisa naik ke atas lagi dengan cara naik ski lift (tram). Saya lupa harganya, sekitar 28 PLN 2ways kalau ngga salah. Kita juga bisa beli paket ski di bawah di dekat tempat beli tiket tram. Atau bisa juga beli di atas.
Kalau mau beli di bawah, harganya bisa dicek di
1. http://www.gubalowka.com.pl/yaurg_cennik.htm untuk tiket masuk.
2. http://www.gubalowka.com.pl/runz2_cennik.htm untuk pinjam peralatan.

Kalau mau beli di atas, harga ski dengan pelatih 1 jam, sewa peralatan, dan kartu member 15x pakai totalnya 115 PLN, saya lupa rinciannya, kalau tidak salah pelatihnya 70 PLN/jam. Harganya sama dengan tempat ski lain. Bila ingin pakai pelatih, saya sarankan booking dulu karena kalau winter biasanya penuh. Kemarin saya sempat mampir ke salah satu agen ski yg bisa bahasa inggris, alamatnya di Gubałówka 224B.

Di sekitar tempat ski terdapat banyak sekali penjual yang menjual souvenir dan makanan. Jangan lupa saat di Zakopane harus kuliner Gulasz, biasanya untuk menghangatkan badan. Pakai meat tapi saya ngga tanya itu apa hehehe.

Add Comment