Stasiun Radegast :: Saksi Bisu Sejarah Polandia

Oleh : Angga Vertika Diansari

Jika berbicara mengenai sejarah yang pernah terjadi di Polandia, maka tidak jauh-jauh dari peristiwa pembantaian Katyn. Pembantaian Katyn merupakan pembantaian masal orang-orang Polandia, Ukraina,  Negara Baltik dan Besserabia, baik tawanan perang, politikus, cendekiawan, dokter maupun pejabat negara oleh Komite Rakyat Intern Soviet (NKVD).

Keberadaan stasiun Radegast ini adalah sebagai titik kumpul pembantaian, yaitu berkumpulnya orang-orang Polandia untuk dideportasi langsung ke Chelmno (Kulmhof) dan kampung-kampung pemusnahan Auschwitz (sumber).

Hampir 30.000 jiwa orang-orang Polandia dari total hampir 200.000 jiwa (dikutib dari berbagai sumber) melewati stasiun ini dalam perjalanan menuju kematian mereka masing-masing pada periode pembantaian dari tanggal 16 Januari, 1942 sampai 29 Agustus 1944

Stasiun bangunan kayu ini sebenarnya semula berfungsi sebagai titik transit makanan, bahan bakar saat dibangun pada tahun 1926 dan 1937 lalu beralih fungsi menjadi titik transportasi nazi pertama tahun 1942 dan pengiriman tenaga kerja paksa Lodz. (sumber ).

Beginilah tampilan stasiun tua Radegast yang saat ini difungsikan sebagai museum.

Bagaimana sih cara menuju ke sana? Lokasi bekas stasiun yang saat ini beralih fungsi menjadi museum ini sangat mudah dijangkau, dari Narutowica tinggal naik tram nomor 57 turun di Zagajnikowa-Inflancka. Lalu jalan sebentar.

Kapan museum ini dibuka? Dibuka setiap hari Senin dan Selasa pukul 09.00 – 17.00, Rabu dan Kamis pukul 10.00-18.00, Sabtu dan Minggu pukul 10.00-16.00.

Di mana sih alamatnya? Stasiun ini berlamat di Litzmannstadt Getto 12, 91-859 Łódź 🙂


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *