SELAMAT DATANG DI TRICITY (Part 1 – Selayang Pandang Kota Gdańsk)

Kota Gdańsk – beberapa orang mengenalnya dengan Ganzig – merupakan salah satu kota pelabuhan di Polandia. Gdańsk terletak di bagian Utara dari Negara Polandia, dan di bagian Selatan Laut Baltik (Teluk Gdańsk). Gdańsk bersama Sopot dan Gdynia dikenal sebagai Tiga Kota (Tricity) atau dalam Bahasa Poland dikenal dengan Trójmiasto. Gdańsk merupakan ibu kota dari Propinsi Pomerania, dan merupakan kota pelabuhan terbesar di Polandia.

Gdansk

Mengapa penting mengunjungi Gdańsk?

SeaSidejpgSebagai salah satu Kota pelabuhan di Polandia, Gdańsk memiliki beberapa lokasi menarik tepi pantai dengan pemandangan laut Baltik. Beberapa lokasi ditujukan sebagai tempat wisata pada Musim Panas.

  1. Jelitkowo
  2. Stogi
  3. Brzézno
  4. New Port

OldtownSelain lokasi pantai yang menarik, seperti halnya kota-kota di Eropa, Kota Gdańsk juga terkenal dengan Old Town nya. Lokasi Old Town sendiri tidak jauh dari Stasiun (Gdańsk Glowny). Salah satu jalan terkenal di Old Town adalah Dluga (Jalan panjang). Sebagai jalan utama di Old Town, banyak bangunan dan patung yang merupakan lambing dan ciri khas dari Kota Gdańsk, seperti Golden Gate, Statue of Neptune, Żuraw, Green Gate , Monument to defenders of Polish, The Old Arsenal Building, The Old Cathedral, dan Musium Solidarity. Kita juga dapat mengikuti “free walking tour” yang diadakan setiap Sabtu dan Minggu untuk bulan November–Maret; dan setiap hari untuk bulan April-Oktober (http://freewalkingtour.com/gdansk/tours/free/main-town-gdansk/). Salah satu wilayah di Kota Gdańsk yang terkenal adalah Gdańsk-Oliwa. Wilayah ini terkenal dengan Oliwa-Park, Cathedral, dan Zoo. Gdańsk juga terkenal dengan salah satu Kota di Polandia yang memiliki banguna Masjid terbesar di Poland.Masjid

Mengapa Belajar di Gdańsk?

            Tidak hanya terkenal sebagai kota wisata pantai, kota Gdańsk juga terkenal sebagai salah satu tujuan untuk menuntut ilmu yang lebih tinggi. Beberapa universitas terkemuka di Poland terdapat di Gdańsk, seperti Universitas Teknologi Gdańsk (Politechnika Gdańska-www.pg.edu.pl), Universitas Kedokteran Gdańsk (Gdański Uniwersytet Medyczny– www.gumed.edu.pl/), dan Universitas Gdańsk (Uniwersytet Gdańskiwww.ug.edu.pl/en).Universitas-16

           Salah satu program studi yang terkenal di Universitas Gdańsk sendiri adalah Instytut Oceanografii (Institut Oceanografi). Penelitian-penelitian tentang kelautan dan perikanan di bawah Univeristas Gdańsk di Laut Baltik dan sekitarnya dilakukan pada institut ini, dan memiliki pusat data perikanan di Hel.

Salam Dari Gdańsk – Nisa Ayunda (Mahasiswi Uniwersytet Gdański)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *