Małopolski Festiwal Kultur i Podróży “To Tu To Tam” w Zatorze

Tanggal 23 April lalu, empat orang pelajar Indonesia dari University of Lodz yang tergabung dalam PPI Polandia tiba di Zator provinsi Małopolska bersama perwakilan dari IDN PL (Mas Syaiful dan Mbak Yona). Mereka semua ikut berpartisipasi untuk mengenalkan Indonesia di acara Małopolski Festiwal Kultur i Podróży “To Tu To Tam” di Zator.

Acara ini diadakan pada tanggal 22-24 April 2016 dan Indonesia mendapatkan kesempatan untuk mempromosikan budaya pada hari sabtu dan minggu, 23-24 April 2016. Pengenalan mengenai Indonesia ini termasuk dalam program kerja PPI Polandia tahun 2016/2017 divisi Kebudayaan, Kesenian dan Olahraga yang dipimpin oleh Eko Budiyanto.

Pada hari sabtu, acara dimulai pukul 13.00 waktu Polandia. Acara diadakan di gedung Regionalny Ośrodek Kultury. Acara dibuka dengan sambutan oleh direktur dan panitia, kemudian dilanjutkan oleh presentasi. Beberapa orang Polandia mempresentasikan mengenai pengalamannya saat sedang backpacking ke luar negeri. Mereka bercerita tentang makanan, cara bertahan hidup, dan bahkan mereka juga bercerita mengenai kesulitan dan tantangan ketika di luar negeri.

zator4

Perwakilan Indonesia mendapat kesempatan untuk memperkenalkan Indonesia dengan tujuan agar Indonesia menjadi destinasi yang wajib ditulis di rencana perjalanan mereka selanjutnya. Eko Budiyanto, mahasiswa yang tergabung dalam PPI Polandia, bertugas mempresentasikan segala sesuatu mengenai Indonesia dalam bahasa Polandia. Setelah presentasi selesai, empat orang mahasiswa antara lain Dian, Pratiwi, Evan, dan Eko membawakan Tari Indang di depan seluruh hadirin. Kemudian acara dilanjutkan oleh pemutaran film.

zator113055691_10153771549947772_5973480984615044666_o

Di samping itu, beberapa warga Polandia membuka stan di luar gedung Regionalny Ośrodek Kultury. Mereka memperkenalkan kerajinan tangan dan makanan khas Zator. Perwakilan IDN PL juga membuka stan untuk promosi mengenai Indonesia serta menunjukkan beberapa contoh batik.

13087057_10153771549777772_291592262488141251_o

Pada hari minggu 24 April 2016 acara diadakan di tempat yang berbeda, yaitu di Rynek di depan Centrum Informacji Turystycznej. Beberapa warga Polandia mengisi acara di atas panggung outdoor yang dikelilingi oleh stan-stan yang mempromosikan dan menjual hasil karya warga Zator. Perwakilan Indonesia juga membuka stan di dekat panggung seperti pada hari sebelumnya.

Warga Polandia menyuguhkan nyanyian dalam bahasa Polandia. Partisipannya tidak hanya orang dewasa, tetapi juga anak-anak kecil. Empat orang mahasiswa perwakilan PPI Polandia juga turut memeriahkan acara dengan membawakan Tari Indang sekali lagi. Acara Małopolski Festiwal Kultur i Podróży “To Tu To Tam” di Zator ini berlangsung sukses sampai akhir dan pada siang hari semua perwakilan PPI Polandia dan IDN PL bertolak menuju kota masing-masing.

Zator terletak di antara Auschwitz dan Krakow. Kota ini merupakan salah satu dari tujuh kota yang tergabung dalam Stowarzyszenie Dolina Karpia. Kota-kota ini terkenal dengan ikan masnya sehingga memiliki daya tarik di segi tempat pemancingan. Zator juga memiliki bangunan-bangunan tua, contohnya Kościół Parafialny yang dibangun pada tahun 1393.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *