the oficial website of ppi polandia

Serah terima jabatan PPI Polandia Periode 2015/2016 – 2016/2017

Seiring dengan berakhirnya masa kepengurusan PPI Polandia periode 2015/2016, PPI Polandia menyelenggarakan rapat anggota yang dilaksanakan  pada hari Senin, 28 Maret 2016 di Kedutaan Besar Republik Indonesia Warsawa, Polandia. Rapat ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswi Indonesia yang saat ini tengah berkuliah di Polandia.

12890880_1226704184020576_6561641065719582787_o

Pelaksanaan rapat diawali dengan dibacakannya laporan pertanggungjawaban pengurus oleh Teguh Ilham selaku ketua PPI Polandia periode 2015/2016.Dalam laporan pertanggungjawaban tersebut, Teguh memberikan paparan singkat atas program-program kerja yang telah terealisasi selama satu tahun masa jabatannya.

Program kerja tersebut terbagi menjadi dua, yakni; program kerja internal maupun eksternal. Program kerja internal yang sudah terlaksana meliputipenyusunan AD/ART, pembuatan logo organisasi, administrasi dan pengadaan inventaris dasar, pengumpulan iuran, serta melakukan kegiatan pendampingan bagi pelajar yang baru datang di Polandia.

Dalam kurun waktu tersebut pula PPI Polandia berhasil menyelesaikan program kerja yang sangat penting yakni pembuatan e-book dan website resmi. Untuk program kerja eksternal, kegiatan yang telah terlaksana adalah seminar internasional, mengadakan pengajian rutin, ikut serta dalam Simposium PPI Dunia di Singapura, berpartisipasi dalam pertunjukan kebudayaan sebanyak 6 kali, menjadi narasumber Radio Republik Indonesia sebanyak 5 kali, mengikuti festival studi di luar negeri, serta aktif berkontribusi melalui tulisan dalam buletin PPI Dunia “Apa Kabar.”

Selanjutnya rapat diteruskan dengan laporan dari Tim AdHoc mengenai pemilihan PPI Polandia untuk periode jabatan tahun 2016/2017.Menurut pendapat salah satu anggota Tim AdHoc, Eko Budiyanto, menjelaskan bahwa ketua PPI Polandia dipilih melalui beberapa proses, antara lain; pemilihan calon ketua, pengumpulan suara oleh dan daripelajar Indonesia di Polandia, kemudian dilanjutkan dengan perhitungan suara.

“Kami mempunyai kesepakatan bahwa kandidat dengan suara terbanyak mendapatkan hak mutlak untuk mengemban amanah sebagai ketua PPI periode 2016/2017,” tegas Eko.

Setelah acara pembacaan laporan oleh masing-masing pihak yang bertanggung jawab, acara dilanjutkan dengan prosesi serah terima jabatan yang dilakukan secara simbolik oleh Teguh Ilham selaku ketua PPI Polandia 2015/2016 kepada ketua PPI Polandia yang baru, yakni Abdurrahman Niarman.

Teguh mengharapkan agar para pengurus terpilih mampu membesarkan PPI Polandia yang saat ini masih terbilang baru. “Saya yakin saudara Abdurrahman Niarman mampu menjalankan fungsi koordinasi dan fasilitasi dengan baik sebagai Ketua PPI Polandia yg baru. Masih banyak potensi-potensi para anggota PPI Polandia yg bisa dimanfaatkan untuk memajukan organisasi ini,” jelas Teguh.

Setelah acara serah terima jabatan, rapat dilanjutkan dengan penyampaian Visi dan Misi, program kerja, serta penjelasan mengenai struktur organisasi oleh Ketua Terpilih PPI Polandia 2016/2017, yaitu Abdurrahman Niarman. Abdurrahman mengatakan bahwa ingin menjadikan PPI Polandia sebagai PPI yang dikenal di seluruh dunia meskipun PPI ini baru terbentuk pada tahun 2015 lalu.

“PPI Polandia adalah satu dari PPI termuda, tapi usia tidak menjadi masalah. Karena saya yakin kita dapat melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk indonesia dengan usia dan anggota yang terbatas ini,” tegas Abdurrahman.

Selanjutnya pengurus PPI Polandia terpilih menjelaskan fungsi jabatannya dan program kerja masing-masing. Kemudian dilanjutkan oleh diskusi terkait beberapa hal internal dan eksternal, yakni meliputi pemilihan perwakilan PPI Polandia yang akan menjadi wakil untuk menghadiri Simposium Amerika Eropa serta tambahan perwakilan untuk Biro Pers PPI Dunia.

Sebelum acara rapat ditutup, acara diisi dengan bincang-bincang santai serta ucapan selamat kepada jajaran kepengurusan yang baru. Semoga PPI Polandia dan juga seluruh pelajar di Polandia dapat semakin maju dan saling mempererat tali persaudaraan baik antar pelajar dan orang Indonesia ke depannya.

12378015_1226704157353912_2414991662162193439_o

Add Comment