the oficial website of ppi polandia

"Kita Bersama Untuk Senyum Mereka" bersama KGLC Sleman

Pada tanggal 24 Agustus 2016 merupakan titik mula bagi kedua organisasi untuk memulai hubungan antara PPI Polandia dan Karung Goni Loearning Center (KGLC). Untuk melanjutkan program kerja PPI Polandia 2016 ‘Kembali Untuk Indonesia’, PPI Polandia mengadakan sebuah kegiatan sosial bertema „Kita Bersama Untuk Senyum Mereka”. Kegiatan ini adalah bentuk kerja sama PPI Polandia dengan sebuah lembaga swadaya masyarakat di Sleman, Karung Goni Learning Center (KGLC). LSM yang berlokasi di Dusun Ngemplak RT 04, Caturharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta sangat aktif dengan kegiatan sosialnya untuk meningkatkan niat baca dan mengurangi disleksia. Salah satu kegiatan utama dari KGLC adalah membangun taman baca Omah Baca Karung Goni. Taman baca ini adalah perpustakaan desa yang menjadi tempat pusat bacaan bagi masyarakat sekitar, yangmana mereka memperoleh bahan bacaan seperti buku dan majalah dari kegiatan  donasi sejak tahun 2014.

Kegiatan PPI Polandia „Kita Bersama Untuk Senyum Mereka” dimulai dengan mengumpulkan kartu pos dari setiap anggota PPI Polandia yang tersebar di berbagai kota di Polandia dan kemudian mengirimkannya ke KGLC di Indonesia. PPI Polandia tidak hanya emberikan kartu pos kosong, tapi juga disetiap kartu pos ditulis kata-kata indah atau motivasi untuk adik-adik di KGLC. PPI Polandia sendiri berharap kegiatan kecil ini dapat memberikan semangat, motivasi dan senyum kepada adik-adik atau sahabat di KGLC untuk percaya dengan diri mereka sendiri dan yakin akan cita-cita mereka.

Untuk kegiatan sosial di Indonesia dari PPI Polandia tahun ini memang baru dilakukan untuk KGLC  saja, dan akan dilakukan kegiatan serupa sesegera mungkin. Disamping itu, ada alasan kenapa PPI Polandia memilih KGLC untuk kegiatan pertama. Pertama, PPI Polandiaa melihat bahwa KGLC sudah melakukan kerja sama dengan banyak organisasi, salah satunya adalah partner dekat PPI Polandia di PPI Dunia, PERMIRA (Perhimpunan Pelajar Indonesia di Rusia) yang mana meyakinkan PPI Polandia milih KGLC. Hal lain adalah, PPI Polandia telah melakukan observasi tentang kegiatan dari KGLC yang mana organisasi serius ingin membantu adik-adik disekitar lingkungan KGLC untuk meningkatkan minat baca & belajar mereka.

untitledPerwakilan dari PPI Polandia, Vellia Fatimah, pelajar pascasarjana di Warsaw University of Technology dan juga Kepala Divisi Sponshorship dan Kerjasama PPI Polandia 2016 datang langsung ke KGLC di Sleman. Setibanya disana beliau disambut hangat oleh pihak KGLC dan berbincang-bincang untuk hubungan antar kedua organisasi kedepannya. Untuk itu PPI Polandia akan terus berusaha untuk meneruskan kegiatan ini bermaksud untuk terus memotivasi adik-adik di KGLC ataupun dan akan mengembangkan kegiatan-kegiatan lainnya bersama kedepannya. Seperti yang diungkapkan oleh Ketua PPI Polandia 2016, Abb Niarman; “Memang ini hanyalah kegiatan kecil, tapi PPI Polandia percaya bahwa hal ini akan membuahkan hasil yang baik untuk kita semua di masa akan mendatang, disamping itu dalam waktu satu setengah tahun setelah terbentuknya kembali PPI Polandia, kita sudah berani melakukan sebuah langkah kebaikan”

Miłego Dnia – Salam Perhimpunan

Add Comment