Kuliah Umum Studi di Eropa dan Polandia dengan Beasiswa oleh PPI Polandia di UNSOED

5 Desember 2016 lalu, bertempat di Ruang G Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Sodirman, Purwokerto, telah dilaksanakan Kuliah Umum dengan tema “Studi di Eropa dan Polandia dengan Beasiswa.” Acara yang diinisiasi oleh PPI Polandia sebagai perwakilan dari PPI Dunia ini sukses diselenggarakan atas kerjasama dengan Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan UNSOED. Sekitar 30 mahasiswa baik dari internal fakultas maupun luar fakultas menghadiri Kuliah Umum yang diisi oleh Warsono El Kiyat sebagai pembicara dan dimoderatori oleh Ibu Dr. Ervina Mela Dewi.

Warsono yang merupakan alumni beasiswa Erasmus+ International Mobility di Warsaw University of Life Science – SGGW, Polandia ini menegaskan bahwa Eropa adalah destinasi terfavorit bagi mahasiswa internasional termasuk Indonesia karena memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Selain terkenal dengan cara kerjanya yang lebih efisien dengan fasilitas pendidikan yang sangat memadai, Eropa telah banyak memikat mahasiswa asing untuk belajar di benua yang mendominasi total paten di dunia ini. Di samping itu, di setiap negara di Eropa memiliki skema beasiswa sendiri untuk mahasiswa luar negeri dengan persaingan yang sangat ketat untuk memperoleh beasiswa tersebut.

Warsono menambahkan, untuk mendapatkan beasiswa di Eropa, modal yang paling besar untuk bersaing dengan pelamar beasiswa lain adalah curriculum vitae. Oleh karena itu, Warsono merekomendasikan kepada para peserta Kuliah Umum untuk mempersiapkan CV-nya secantik mungkin. Caranya yaitu selama kuliah mengikuti berbagai kegiatan organisasi, aktivitas sosial dan perlombaan karya tulis ilmiah sebagai modal untuk berprestasi dan menjadi daya tarik sendiri bagi pemberi beasiswa untuk meloloskan aplikasi yang dikirimkan.

Ibu Dr. Nur Aini selaku Kaprodi Ilmu dan Teknologi UNSOED dalam sambutannya telah menghimbau kepada peserta untuk memanfaatkan kesempatan ini sebagai sarana untuk menggali informasi beasiswa  di Eropa. Selain itu, Nur Aini juga menambahkan bahwa capaian Warsono yang merupakan alumni dari ITP UNSOED ini dapat menjadi contoh bagi adik-adik kelasnya untuk berprestasi dan dapat mengharumkan nama institusi.

Acara ini berlangsung dengan lancar dan sangat interaktif serta komunikatif terutama pada saat sesi diskusi. Para peserta aktif bertanya dari hal yang sederhana tentang motivasi untuk studi lanjut hingga teknis mendaftar beasiswa yang dituju. Proses diskusi berjalan lebih hidup saat peserta penanya memberikan feedback dari jawaban-jawaban yang disampaikan oleh pembicara. Acara diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dan foto bersama. (Red, war / Ed, pw)

Galeri Foto


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *