the oficial website of ppi polandia

Program Kotak Pelajar

Sesuai dengan visi dan misi dibentuknya organisasi PPI Polandia secara khusus dan PPI dunia secara umum yaitu untuk membantu kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui berbagai macam cara sesuai keahlian dan keterampilan di bidang masing – masing. Kita mencoba menelusuri kembali jejak sejarah awal mula adanya perhimpunan pelajar Indonesia di luar negeri. Pada era Bung Hatta pada tahun 1920an, dimana beliau merupakan pencetus berdirinya PI yang sangat aktif berperan untuk melawan penjajah Belanda dengan menggunakan tulisan-tulisan tajamnya yang kemudian menggetarkan Belanda dan berakhir dengan pengasingan Hatta dan teman-teman ke penjara Rotterdam. PI pada era Hatta dan juga PPI yang dicetuskan oleh Habibi pada waktu itu aktif dan ikut serta dalam politik praktis yang notabene lebih ‘kejam’ dibanding dengan apa yang kita rasakan sekarang.

Seiring berjalannya waktu, PPI sekarang sudah mulai beralih fungsi sebagai perpanjangan tangan KBRI ke Diaspora sebagai media mereka untuk mempromosikan Indonesia ka kancah mancanegara. Sejalan dengan misi negara kita sekarang untuk meningkatkan perekonomian negara melalui sektor pariwisata dan mahasiswa yang berada di luar negeri melalui KBRI dapat menjadi media advertising yang sangat berkompeten.

Kondisi perpolitikan Indonesia yang jika di analogikan seperti gelombang radio menjadikan mahasiswa baik didalam maupun diluar negeri gerah dan banyak dari mereka lepas tangan dan tidak mau ikut terlibat didalam politik praktis yang kebanyakan masyarakat berpandangan negatif terhadapnya.

PPI Polandia kembali mengajak kaum intelektual, kaum terpelajar, yang beruntung memiliki kesempatan melanjutkan pendidikan di luar negeri khususnya di Polandia yang tentu saja kesempatan itu merupakan langka karena tidak mudah diperoleh oleh setiap masyarakat Indonesia untuk kembali melihat sejarah para pendahulu kita yang diharapkan akan me-recharge kembali spirit-spirit pemuda terpelajar Indonesia untuk memajukan negara.

Berkaitan dengan hal tersebut, PPI Polandia memiliki sebuah program untuk menampung seluruh aspirasi mahasiswa dan pelajar indonesia yang sedang melanjutkan studinya di Polandia di bidang apapun yang ditekuni, sosial, literatur, ilmu alam, kedokteran, teknik dengan cara membuat artikel ilmiah ataupun karya ilmiah dan berikutnya akan di publish di web resmi ppipolandia.org dan apabila artikel atau karya ilmiahnya memiliki tema yang menarik atau mengangkat isu yang perlu dijadikan perhatian serta sangat dimungkinkan untuk dipublish di media lainnya seperti seperti website PPI dunia, surat kabar online dan lain sebagainya, maka PPI Polandia akan menjadi perpanjangan tangan untuk menyalurkan artikel atau karya ilmiah tersebut.

Program ini kita namakan Kotak Pelajar, dengan misi untuk menampung dan menyalurkan aspirasi dan ide para pelajar dan mahasiswa indonesia di polandia sesuai dengan visi dan misi PPI Polandia sebagai wadah resmi yang diakui PPI Dunia dan KBRI Warsawa sebagai organisasi pelajar di wilayah negara Polandia. Diharapkan dengan adanya program ini dapat men-trigger pelajar dan mahasiswa untuk kembali aktif ikut serta menelurkan ide-ide cemerlangnya, kata-kata tajamnya, bahasa-bahasa indahnya untuk membantu perkembangan negara tercinta Indonesia.

 

Teknik Pelaksanaan :

Kepada rekan-rekan yang memiliki artikel, karya ilmiah dan tulisan-tulisan lainnya dan ingin di publish di website resmi PPI Polandia, dapat mengirimkan email ke : ppi.polandia@gmail.com dengan subject : Kotak Pelajar.

Salam Perhimpunan

Add Comment