Sebuah Tulisan dari Saudara Kita tentang Kartini

Selamat Hari Kartini, untuk seluruh Perempuan Indonesia!
Berbicara mengenai Hari Kartini, tentu kita tidak lepas dari peranan sosok Raden Ajeng Kartini di masa perjuangannya saat itu. Raden Ajeng Kartini, lahir di Jepara Jawa Tengah pada tanggal 21 April 1879. Yang mana pada tanggal itu sampai saat ini kita peringati sebagai Hari Kartini. R.A Kartini, merupakan sosok wanita yang luar biasa pada masanya. Lahir di keluarga bangsawan Jawa, tidak membuatnya lupa diri dan tetap peduli pada sesama, khususnya kehidupan kaum wanita pada masa itu yang tidak bisa se-merdeka sekarang.
Sosok kartini merupakan salah satu tokoh perempuan Indonesia yang berjuang demi membela kaumnya dari marginalisasi pendidikan, sosial, ekonomi dan budaya. Perjuangan yang dilakukan melalui tulisan dan surat-menyurat antar Kartini dengan beberapa rekan penanya, telah menghasilkan sebuah perjuangan yang sering dikenal dengan “emansipasi”. Makna kata ini tentu sangat dalam, terlebih makna emansipasi sering kali berkaitan erat dengan eksistensi perempuan di masa kini yang dapat dikatakan selangkah lebih maju ketimbang era perjuangan dulu. Perempuan yang diklaim dan dikonstruksi sebagai sosok yang hanya berkecimpung di ranah domestic, kini lebih mampu menunjukkan geliatnya di ranah publik. Tentu tidak heran, bila perjuangan Kartini tersebut dapat dinikmati oleh perempuan saat ini, meski memang pada kenyataannya masalah mengenai marginalisasi perempuan masih acapkali terjadi.
Perempuan-perempuan Indonesia sudah terlalu lama dibuai oleh indahnya cerita Kartini, kini saatnya perempuan-perempuan di Indoesia menjadi Kartini yag baru, menjadi perempuan yang mengispirasi, bukan hanya mau di inspirasi. Sudah saatnya perempuan Indonesia memiliki peranan dalam perubahan bangsa, sudah saatnya perempuan Indonesia mampu menebar kebaikan dimanapun berada.

Penulis :
Wahid Muhamad Riyadh, seorang mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman angkatan 2013 yang sedang berjuang menempuh gelar Sarjana, yang bermimpi Kuliah di Eropa


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *