the oficial website of ppi polandia

Kartini-Kartini di Polandia (Edisi 12)

Pratiwi Widya Wahyuni. Mahasiswi Politechnika Warszawska.

 

Lahir di keluarga entrepreneur memaksa saya tidak boleh duduk diam. Sebelum menginjakkan kaki di Polandia di tahun 2015 untuk kuliah, saya sudah melakukan planning dengan berbekal ilmu akademik manajemen bisnis pasca lulus S2 Manajemen Universitas Airlangga Surabaya. Saya menargetkan di tahun 2015 hanya melakukan riset pasar, kemudian 2016 mulai berbisnis dan menjalin relasi. Tahun 2017 saya sudah harus membuat hubungan yang kuat antara perusahaan saya di Indonesia (PT Widya Cipta Tehnik) dengan perusahaan di Polandia supaya bisa melanjutkan bisnis saya pasca meninggalkan Polandia.

Pertama, saya tentukan jenis bisnis apa yang akan saya lakukan di Polandia diawali dengan melakukan riset pasar dan datang ke bermacam pameran Polandia dan Jerman. Dan saya memutuskan untuk memanfaatkan UKM saja. Memulai bisnis baru di Polandia tidak mudah, kita harus memikirkan ekspedisi, currency, pajak, marketing, tren, dan lain-lain. Beruntung ada rekan yang menghubungkan saya ke beberapa entrepreneur Polandia.

Usaha tidak mengkhianati hasil, mulai tahun 2016 saya mendapatkan tawaran dari kampus, museum, dan perusahaan teman di Polandia rutin setiap 2 bulan sekali untuk memamerkan barang-barang UKM Indonesia dibantu teman PPI Polandia. Saya juga mulai mendapat pesanan produk UKM. Sampai saat ini semua manajemen di Polandia masih saya lakukan seorang diri.

Selain berbisnis, kesibukan saya yaitu berorganisasi dan mengajar. 2007-2013 saya mengajar di STIKOM Surabaya sebagai co-asisten dan asisten, kemudian 2014 mengajar S1 Sistem Komputer selama 1 tahun sebagai dosen luar (LB). Sejak 2015 sampai sekarang saya aktif di PPI Polandia dan PPI Dunia. Saat ini saya memegang 3 jabatan organisasi yaitu humas PPI Polandia, kebudayaan PPI Dunia, dan dipercaya menjadi salah satu Dewan Presidium PPI Dunia yaitu Wakil 1 Biro Pers PPI Dunia.

Add Comment