Cara Membuat Perusahaan di Polandia untuk Pelajar Internasional

12 Juli 2017 yang lalu, beberapa pelajar Indonesia di Polandia menghadiri sebuah seminar yang berjudul, “How to Set Up a Company in Poland?” Seminar ini menjelaskan langkah-langkah membuat perusahaan dimulai dari syarat dan hal-hal yang perlu diperhatikan sampai dengan legalitas. Acara yang terbuka untuk umum ini diadakan oleh Fundacja dla Somalii.

Pelajar Internasional di Polandia yang belajar secara full-time diperbolehkan untuk membuat perusahaan setara dengan warga negara Polandia. Perusahaan yang dibuka juga bermacam-macam, tidak hanya perusahaan pribadi tetapi juga perusahaan yang lebih besar. Sedangkan foreigner yang bukan pelajar tetapi memiliki temporary resident permit memiliki keterbatasan jenis perusahaan yang bisa dibuat, antara lain limited partnership company, limited joint stock partnership company, limited liability company, dan joint stock company. Maka di sinilah keuntungan kita pelajar yang berkuliah secara full-time di Polandia!

Pada seminar ini juga dibahas cara membuat perusahaan pribadi sampai dengan perusahaan yang lebih besar. Cara membuat perusahaan pribadi yang perlu diperhatikan antara lain:

  1. Pembuatan nama. Nama pemilik perusahaan pribadi harus tercantum pada nama perusahaan.
  2. Pilih kategori bisnis pada: tabel-pkd
  3. Harus ada register address. Jika memakai apartemen tempat tinggal, nanti akan dikenakan local tax.
  4. Memiliki: ZUS (security), GUS (REGON), US (NIP)
  5. Rekening perusahaan tidak wajib dicantumkan
  6. Disarankan untuk menggunakan jasa notaris karena dapat mengurangi pajak.

Jika pelajar yang memiliki perusahaan pribadi akan lulus dan ingin melanjutkan perusahaannya, maka disarankan untuk transfer perusahaan pribadi tersebut ke orang lain. “Karena jika status pelajar sudah berubah menjadi lulusan, maka hak sebagai pelajar sudah dicabut sehingga tidak boleh memiliki perusahaan pribadi. Atau cara lainnya adalah merubah perusahaan pribadi tersebut menjadi limited partnership company atau jenis yang lain,” jelas A Glinka Szczepańska yang membawakan materi ini.

Keuntungan memiliki perusahaan di Polandia adalah dapat mengatur sendiri kapan perusahaannya berjalan. Jika tidak ada aktifitas di perusahaan, maka pemilik perusahaan tidak perlu membayar pajak.


One thought on “Cara Membuat Perusahaan di Polandia untuk Pelajar Internasional

  1. Riswan Hidayat Reply

    terimakasih untuk informasinya….
    semoga sukses selalu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *