Ulasan Travel: Croissant Academy in Poznań, Poland

Penulis: Pratiwi Widya W. (Politechnika Warszawska).

Bagi saya, belum ke Eropa rasanya kalau tidak melakukan kegiatan-kegiatan lokal. Jadi saya selalu mencari kegiatan lokal yang menarik. Saya ingin sharing mengenai Croissant Workshop. Pasti semua tahu croissant kan? Itu puff pastry yg terkenal di Eropa. Workshop ini diadakan di kota Poznań, Polandia.

Hanya kota Poznań yang memiliki spesialisasi dalam membuat croissant yang bernama Rogal Świętomarciński. Di tempat workshop ini ada sertifikat yang menyatakan bahwa resep asli berasal dari sini sehingga resep mereka diprotect oleh European Union (EU). Harga croissantnya sendiri mahal, sekitar 120rb per kilo karena resep asli khusus hanya dibuat di Poznań. Croissant ini spesial karena kulitnya terdiri dari 81 layer dan berisi kacang yang cara meletakkan kacang tersebut sangat khusus sehingga terasa sampai gigitan terakhir. Selain itu luarnya juga dilumuri gula khas Poland dengan taburan remahan kacang.

Legenda mengatakan bahwa dahulu kala ada seorang kesatria bernama St. Martin melihat tunawisma yang kedinginan karena musim dingin. Kesatria tersebut ingin menolongnya tapi cuma bisa ngasih sebagian bajunya. Kemudian dia pulang berdoa dan tiba-tiba di depan pintu datanglah penunggang kuda yang bersinar terang. Penunggang kuda tersebut tersenyum lalu menghilang dan meninggalkan tapal kuda. Kemudian kesatria tersebut mendapatkan ide untuk membuat roti dengan bentuk tapal kuda dan dia berikan gratis untuk semua tunawisma. Kemudian roti tersebut dinamai Rogal Świętomarciński yang artinya St. Martin’s croissant.

Begitulah cerita yang beredar di Poznań. Di workshop ini nanti akan diceritakan lebih lengkap legenda tersebut, cara bikin croissant, dan aturan workshop. Guide sangat menarik dan lucu sehingga tidak membosankan. Saat membuat croissant, kita disuruh meneriak mantra “EAT ME”, dan “BUY ME”. Hehe lucu juga ya. Di akhir workshop kita akan mendapatkan sertifikat dan juga croissant. Ruangan workshop termasuk kecil, tetapi bangunan dan langit2nya benar2 berasal dari abad ke 16 dan masih asli.

Untuk ke Poznań bisa naik Polskibus (www.polskibus.com) dari Wrocław seharga 17 zł (50rb) selama 3.5 jam, atau dari Berlin seharga 45 zł (150rb) selama 4 jam. Bisa juga naik kereta bisa lebih cepat tapi harganya lebih mahal. Workshop diadakan di museum http://rogalowemuzeum.pl/en/, dan kalau ingin booking bisa isi form di sini http://rogalowemuzeum.pl/kontakt/#rezerwacje. Workshop dalam bahasa inggis hanya di hari sabtu dan minggu pukul 13.45. Harga workshop 16 zł (54rb) untuk adult, dan 14 zł (45rb) untuk anak2.

Galeri Foto:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *