Ulasan Travel: Gingerbread Academy di Torun, Polandia

Penulis: Pratiwi Widya W. (Politechnika Warszawska).

Belum ke Eropa rasanya kalau tidak melakukan kegiatan2 lokal yg terkenal. Saya ingin sharing mengenai Gingerbread Workshop. Pasti semua tahu gingerbread kan? Itu adalah kue jahe yang paling terkenal di Eropa. Workshop ini diadakan di kota Torun, Polandia

Kota kecil Torun ini memiliki spesialisasi dalam membuat gingerbread. Legenda mengatakan bahwa dahulu kala ada seorang pemuda yang bekerja di toko kue kecil dan ingin memperistri anak bosnya. Karena dia tidak punya uang, maka dia pergi mengembara untuk mencari ide. Di tengah jalan dia menolong seekor lebah. Lebah itu berterima kasih dan berkata bahwa MADU adalah kunci untuk membuat kue yang enak. Lalu pemuda itu pulang dan membuat kue yang diberi madu. Beruntung kuenya disukai raja. Kemudian dia menjadi terkenal dan menikahi wanita idamannya.

Demikian cerita rakyat yg beredar. Karena legenda itulah saya memutuskan untuk mengikuti workshopnya secara langsung di kota tersebut. Workshop diadakan oleh 2 perusahaan:

  1. Muzeum Piernika, workshop tradisional (http://muzeumpiernika.pl/en)
  2. The Museum of Toruń Gingerbread, workshop modern (http://www.kopernik.com.pl/?lang=en).

Saya memilih workshop tradisional karena saya menyukai eropa gaya lama, tiket workshop dalam bahasa inggris bisa dipesan online di http://rezerwacje.muzeumpiernika.pl/.

Bisa teman-teman lihat bahwa dapurnya sangat tradisional, saya merasa seperti di Eropa (ya iyalah). Harga tiket workshop 14zl (50rb rp) untuk adult, dan 9.5zl (33rb rp) untuk pelajar.

Di sini terdapat beberapa meja besar, dapat menampung puluhan peserta. Workshop yang diadakan selama 1 jam ini sangat menarik karena tour guidenya lucu sekali. Tour guide akan memberitahu resep rahasianya yaitu madu, merica, dll. Setelah itu dia akan mengajak kita untuk mengucapkan “SUMPAH PEMBUAT KUE”, dan kemudian mengajak kita untuk membantu mengolah bahan. Di sini kita juga bisa membeli bahan2 untuk membuat gingerbread seperti cetakan, penggilingan, dll.

Cara termudah pergi ke kota ini yaitu dengan naik polskibus www.polskibus.com atau naik kereta http://www.intercity.pl/en/ dari ibukota Polandia, yaitu Warsaw atau dari Gdansk.

Galeri Foto:

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *