Ulasan Travel: Łowicz, Kota Budaya dan Religi di Polandia

Penulis: Pratiwi Widya W. (Politechnika Warszawska).

Saya ingin sharing mengenai acara religi di kota Łowicz (dibaca: wovicz). Łowicz merupakan kota kecil yang masih memiliki budaya dan religi yang kental. Mei 2016 lalu saya berkesempatan melihat acara religi bernama “Boże Ciało” yang artinya Corpus Christi. Acara ini tidak hanya dihadiri oleh orang Polandia dari berbagai kota, tetapi juga ada turis mancanegara yang hadir.

Ceremony diadakan di Bazylika Katedralna mulai pukul 10 – 12 siang. Kemudian mereka akan keluar dari katedral dan berjalan berkeliling. Ada ratusan (mungkin 1000) anak kecil sampai orang tua yang memakai baju tradisional berkeliling sekitar Katedral dan Old Market Square sambil membawa Feretron (ornamen religi). Beberapa dari mereka ada yg menyanyi.

Setelah berkeliling, perwakilan dari mereka akan tampil di atas panggung yang disediakan di New Market Square. Di sekitar tempat ini banyak sekali yg berjualan makanan dan baju tradisional Polandia. Jadi kita bisa ngemil sambil lihat pertunjukan. Pertunjukannya sangat menarik, mereka menari dan menyanyi sambil diiringi musik dengan peralatan musik Polandia. Jadi nyanyi dan narinya bukan pakai rekaman loh.. Salah satu tariannya bisa diliihat di fb saya https://web.facebook.com/widhp/videos/vb.707819436/10154167740699437/

Maaf saya tidak bisa menjelaskan banyak hal karena saya bukan nasrani, tapi saya tertarik dengan tradisinya. Menurut saya acara ini bagus sekali, apalagi untuk teman2 yang beragama katolik. Bila teman2 berminat melihat acara ini, tahun depan teman2 bisa datang di tanggal 31 Mei 2018. Cara ke kota ini yaitu dari ibukota Polandia Warsaw naik kereta http://www.mazowieckie.com.pl/ selama 80 menit.

Semua wisata, festival, dan kegiatan di kota2 kecil Polandia sudah terupdate di website masing-masing kota. Jadi kita bisa dengan mudah mengecek kapan waktu yang tepat kita mengunjungi kota tersebut. Jadi untuk jadwal Boże Ciało bisa dilihat langsung di webnya http://www.lowiczturystyczny.eu/

Galeri Foto:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *