Ulasan Travel: Radogoszcz (Łódź, Poland), Penjara untuk Mengumpulkan Tahanan dari Penjuru Eropa

Penulis: Pratiwi Widya W. (Politechnika Warszawska)

Saya akan membahas site penting peninggalan Perang Dunia ke-2 di kota favorit saya yaitu Łódź, Polandia. Auschwitz merupakan kamp konsentrasi terbesar yang terletak di dekat Kraków, Polandia. Sebelum tahanan kaum Jewish dikirim ke Auschwitz, mereka dikumpulkan terlebih dahulu di kota Łódż, Polandia. Mereka dikirim dari penjuru Central Europe dan The Wartheland District antara lain dari Austria, Roma, Sinti, Vienna, Prague, Berlin, Luxemburg, Frankfurt, Köln, Emden, Harmburg, dan Düsseldorf. Sampai pada tahun 1940, jumlah kaum Jewish di kota ini tersebar sebanyak 233.000 orang, dan sebagian yg terlibat melawan Third Reich ditempatkan di Penjara Radogoszcz

Sebelum Perang Dunia ke-2, Łódż terkenal sebagai kota industri. Bisa ditebak bahwa sebelumnya penjara ini adalah sebuah pabrik. Mulai tahun 1939, ribuan orang dikirim ke penjara ini sebelum dikirim ke General Government. Bangunan yang tidak terlalu besar ini diisi sampai dengan 1000 tahanan. Bisa dibayangkan bagaimana mereka berdesakan dalam satu sel. Area yg tidak begitu luas ini terdiri dari penjara, toilet yang sekelumit doang, tempat masak, administrasi, dll. Tragedi terbesar adalah ketika penjara ini dibakar sehingga para tahanan terbakar hidup2. Hanya sekitar 30 tahanan yg selamat. Jenazah orang-orang malang yg meninggal baik karena sakit dan dibunuh semuanya dikubur di kuburan Jewish yang sangat besar seluas 39,6 hektar di dekat Radegast Railway Station (saya ceritakan di postingan terpisah). Kebayang kan luas banget kuburannya? Saya tidak menyertakan gambar kuburannya ya, takut nanti ada Valak..

Semua sejarah tersebut dapat kita baca langsung di museum di Radogoszcz. Jangan khawatir, mereka juga menyediakan history dalam bahasa inggris. Di museum ini terdapat 4 ruangan. Ruangan pertama dan kedua berisi peta dan data Auschwitz, ruangan lain berisi sejarah Radogoszcz, kemudian ada juga mengenai Nazi. Banyak sekali informasi yang akan kita dapatkan di sini, tidak hanya mengenai Radogoszcz tetapi juga tentang Auschwitz.

Museum ini beralamatkan di Zgierska 147, 91-490 Łódź, Poland. Untuk jam bukanya dapat dilihat di website http://www.muzeumtradycji.pl/. Untuk ke kota Łódź, bisa naik polskibus www.polskibus.com dari Warsaw ibukota Polandia 10zł (30rb) selama 2 jam, atau naik kereta ŁKA ada diskon https://lka.Łódźkie.pl/Łódź-Warszawa-oferta-specjalna/, atau intercity.pl/en/ selama 1 jam.

Galeri Foto:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *