Ulasan Travel: Rumah Nicolaus Copernicus di Torun, Polandia

Penulis: Pratiwi Widya W. (Politechnika Warszawska).

Siapa sih yang tidak kenal Nicolaus Copernicus? Beliau adalah ASTRONOM terkenal, penemu teori HELIOSENTRIS yang menyatakan bahwa Matahari adalah pusat tata surya. Seluruh pelajar di dunia pasti tidak asing dengannya!

Copernicus lahir pada abad 15 di kota Torun, Polandia. Dalam bahasa Polandia, nama beliau adalah Mikołaj Kopernik. Kita bisa mampir ke rumahnya di jalan Mikołaja Kopernika 15/17, Torun. Rumah ini dibuka untuk umum dengan tiket 8zl (30rb rp) untuk student.

Dom Mikołaja Kopernika (Rumah Nicolaus Copernicus) ini merupakan rumah kelahiran beliau. Sekarang rumah ini menjadi museum yang memiliki 7 lantai. Setiap lantai menampilkan bidang ilmu yang beliau kuasai yaitu Astronomy, Canon law, Economics, Mathematics, Medicine, Politics. Hebat? Tentu saja!

Dari luar rumah ini terlihat kecil, tapi setelah masuk ke dalam ternyata ada 7 lantai ! Ruangan di dalam benar-benar masih asli gaya eropa kuno. Saat saya berada di ruangan astronomi, saya takjub ketika mengamati manuskrip-manuskrip kuno yang berisi cara bapak Copernicus menuangkan pemikirannya sehingga dapat memunculkan teori Heliosentris yang menjadi pusat ilmu dunia. Gemetar rasanya menginjakkan kaki di rumah ilmuan sehebat beliau…

Hmm itu baru ruangan astronomi, masih ada banyak ruangan lain yang tidak dapat saya jelaskan satu-satu. Ok langsung cuzz aja ya.. Cara termudah pergi ke kota ini yaitu dengan naik polskibus www.polskibus.com atau naik kereta http://www.intercity.pl/en/ dari Gdansk atau dari ibukota Polandia, yaitu Warsaw.

Galeri Foto:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *