Ulasan Travel: Skierniewice Railway Station, Stasiun Kuno di sayap ibukota Warsaw Polandia

Penulis: Pratiwi Widya W. (Politechnika Warszawska).

Jika kita naik kereta dari Warsaw ke arah Wrocław, kita pasti akan melewati kota kecil Skierniewice yg hanya berjarak 1 jam dari Warsaw. Kalau tidak ada waktu jalan-jalan di kota ini, sempatkanlah untuk menengok stasiunnya! Carilah jalur kereta yang transit di Skierniewice. Duduklah di sisi kanan kereta yg menuju ke Wrocław, dan teman2 akan melihat stasiun yg megah ini ketika kereta sedang berhenti. Stasiun ini memiliki arsitektur yang khusus dari abad ke 19, dan bergaya English Gothic. Di stasiun yang sibuk dilewati oleh banyak kereta ini juga berdiri patung Wokulski, yaitu tokoh novel yang sekarang menjadi simbol enterpreneurship. Saat malam hari, penampakan stasiun sangat indah berwarna kuning keemasan dengan perpaduan warna bangunan gothic yang merah bata.

Skierniewice merupakan kota yang tepat untuk melarikan diri dari hiruk pikuk ibukota Warsaw. Tidak jauh dari stasiun, kita bisa menemukan taman yang sangat luas seperti hutan sehingga kita bisa menikmati alam dengan tenang. Kalau berjalan sedikit ke selatan, kita akan menemukan Ratusz (di Rynek) yg merupakan City Hall. City Hall di sini sangat asri karena ada bunga dan tanaman serta beberapa joglo kecil sehingga kita bisa duduk-duduk sambil makan ice cream tanpa kepanasan. Selain itu di sini juga ada air mancur sebanyak 8 grup yang akan menyemburkan air secara bergantian.

Tidak hanya memiliki City Hall dan stasiun yang antik, kota ini juga memiliki hampir 30 site menarik untuk foto2 dan bernilai sejarah juga. Kita bisa melihat petanya di papan di City Hall. Sayangnya saya tidak sempat berkeliling lebih lama di kota ini untuk melihat semua sites.

Nah sudah terbayang kan, bila teman2 lelah dengan kepadatan Warsaw, cobalah melarikan diri ke sini selama beberapa jam. Cara ke sini yaitu dengan naik kereta http://www.mazowieckie.com.pl/en atau http://www.intercity.pl/en/ selama 1 jam saja.

Galeri Foto:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *