Tentang Kami

Sejarah panjang perjuangan para pelajar sudah tercatat dalam tinta emas sejarah Indonesia bahkan semenjak Indonesia belum merdeka. Berkat kegigihan dan perjuangan mereka, akhirnya Indonesia bisa merdeka. Semua itu tidak terlepas dari kekompakan para pelajar dalam berorganisasi. Saat ini perjuangan para pelajar adalah unutk mempertahankan kemerdekaan yang telah diraih dan melanjutkan perjuangan unutk memerdekakan seluruh rakyat Indonesia dari lingkaran kemiskinan dan kebodohan. Namun, mutlak kiranya jika perjuangan yang diemban para pelajar saat ini tidaklah lebih ringan daripada perjuangan para pendahulu. Oleh karena itu, PPI hadir sebagai wadah perjuangan para kaum terdidik dan pelajar Indonesia yang berada di luar negeri.


Sejarah Berdirinya Perhimpunan Pelajar Indonesia di Polandia

PPI Polandia termasuk salah satu perkumpulan pelajar tertua di dunia. PPI Polandia pertama kali dimulai pada tahun 1957 yang mana pada saat itu didirikan dan diketuai oleh Bapak Soegijanto, salah satu dari sepuluh pelajar Indonesia yang dikirim untuk pertukaran pelajar. Akan tetapi akibat pengaruh keadaan politik dalam negeri di Polandia dan Indonesia yang membuat hubungan antara kedua negara berada pada sebuah titik yang sulit membuat pengiriman dan pertukaran pelajar antara kedua belah pihak diberhentikan yang menyebabkan jumlah pelajar Indonesia di Polandia berkurang bahkan bisa dikatakan tidak ada. Setelah sekian lama vakum yang mana dikarenakan tidak adanya penerus, pada tahun 2010 jumlah pelajar Indonesia yang datang ke Polandia menunjukan peningkatan. Dimana secara beberapa pelajar Indonesia berusaha membangkitkan organisasi ini kembali dengan struktur informal yang sederhana.

PPI Polandia reborn, sejarah baru bagi PPI Polandia pada tanggal 21 Maret 2015 sekelompok pelajar dan masyarakat Indonesia berkumpul di Warsawa untuk membentuk struktur organisasi yang resmi. Dimana pada tanggal 11 April 2015 PPI Polandia melakukan kongres pertama. Dalam kongres tersebut diagendakan perumusan dan penyempurnaan AD/ART, penentuan logo, pembentuka struktur organisasi dan pembahasan program kerja. Setelah resminya reborn dari PPI Polandia, PPI Polandia secara resmi terdaftar sebagai anggota dari PPI Dunia ditandai dengan keluarnya SURAT KEPUTUSAN (SK) DEWAN PERHIMPUNAN PELAJAR INDONESIA SE DUNIA, Nomor: 10/SK/Presedium/PPI-Dunia/IV/2015 tentang KEANGGOTAAN RESMI PERHIMPUNAN PELAJAR INDONESIA SE-DUNIA. PPI Polandia sangat berperan aktif di PPI Dunia sejak itu, dimana PPI Polandia sudah beberapa kali mengikuti sidang tahunan atau symposium PPI Dunia, pertama Simposium PPI Dunia pada Juli 2015 di Singapura yang dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia bersama beberapa jajaran menteri terkait dan juga beberapa perusahan besar Indonesia; yang kedua sidang tahunan atau symposium PPI Dunia pada Juli 2016 di Kairo yang mana dihadiri oleh petinggi lokal Kairo dan beberapa menteri dari Republik Indonesia.

Disamping itu PPI Polandia juga aktif melakukan beberapa kegiatan sosial budaya dan seminar kewirausahaan di Polandia. Kegiatan ini dilakukan untuk memperkenalkan Indonesia kepada warga Polandia. Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan dan diorganisir oleh PPI Polandia:

  1. Seminar Kewirausahaan “A Day Workshop for International Active Student” berkolaborasi dengan Fundacja Dla Somali di Warsawa pada tanggal 16 Mei 2016.
  2. Pertunjukan budaya dengan menampilakan beberapa tarian tradisional Indonesia oleh pelajar-pelajar di berbagai kota di Polandia dari bulan November 2015 sampai dengan saat ini, seperti Tari Indang oleh pelajar Indonesia di kota Łodz, Tarian Betawi pada hari Dzien Indonezja oleh pelajar Indonesia di Krakow, Tari Saman oleh pelajar Indonesia di kota Wrocław, Tari dan Lagu Cindai di kota Poznan yang ditampilkan oleh Pelajar Indonesia dari kota Łodz, dan banyak kegiatan seni dan budaya lainnya.